Analisa Aspek Marketing
Pengertian Dasar: Penelitian aspek marketing ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil produk yang dibutuhkan konsumen dan mengukur besarnya kebutuhan tersebut.
Kemudian dilakukan pengukuran besarnya demand terhadap produk tersebut dengan melakukan peramalan (forcasting).
Analisa keunggulan bersaing : Terdapat hubungan positif yang sangat erat antara kinerja suatu bisnis dan keunggulan bersaing.
Artinya semakin besar kinerja suatu perusahaan, semakin kuat keunggulan bersaing yang dimilikinya.
Sebaliknya semakin buruk kinerja perusahaan, keunggulan bersaingnya semakin berkurang.
Menurut Jack Welch (The Mind of Jack Welch, Fortune) “apabila anda tidak memiliki keunggulan bersaing, jangan coba-coba untuk bersaing.
Hal ini berarti bahwa keunggulan bersaing merupakan faktor penting bagi suatu perusahaan untuk bersaing dalam memenangkan persaingan.
Elemen-elemen keunggulan bersaing adalah :
- Potensi keunggulan bersaing,
- Posisi keunggulan bersaing,
- Kinerja yang dihasilkan (performance outcome).
Hubungan antara ketiga elemen keunggulan bersaing tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
Tahap Penelitian Pasar
Ukuran permintaan pasar :
Pasar; kumpulan seluruh pembeli aktual dan potensial suatu tawaran pasar,
Pasar Potensial; sekumpulan konsumen yang menyatakan minat memadai terhadap suatu tawaran pasar,
Pasar Tersedia; sekumpulan konsumen yang mempunyai minat, pendapatan, dan akses terhadap tawaran pasar tertentu,
Pasar Terlayani; bagian dari pasar tersedia dan telah diputuskan perusahaan untuk dimasuki,
Pasar Tertembus; ekumpulan konsumen yang telah membeli produk.
Potensi Pasar (Market Potensial)
Peluang pasar atau market potensial adalah peluang penjualan maksimum yang dapat dicapai oleh seluruh penjualanbaik saat ini maupun yang akan dating atau jumlah permintaan yang belum dapat dipenuhi oleh perusahaan pesaing yang sudah ada.
Dengan kata lain potensi pasar adalah seluruh permintaan/kebutuhan konsumen yang didasarkan atas dua factor : jumlah konsumen potensial dan daya beli. Konsumen potensial adalah konsumen yang memiliki keinginan atau hasrat untuk membeli.
Daya beli adalah kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang.

0 komentar:
Posting Komentar