Analisis jabatan
Pengertian analisis jabatan:
Suatu proses kajian sistematis tentang kegiatan2 yang dilakukan dalam satu pekerjaan, mencakup tugas2, tanggung jawab dan tanggung gugat ( accountability), untuk dapat menentukan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan dan ciri2 kepribadian lain, yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.
Tujuan analisis pekerjaan:
1. Manusia sebagai tenaga kerja:
Suatu proses kajian sistematis tentang kegiatan2 yang dilakukan dalam satu pekerjaan, mencakup tugas2, tanggung jawab dan tanggung gugat ( accountability), untuk dapat menentukan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan dan ciri2 kepribadian lain, yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.
Tujuan analisis pekerjaan:
1. Manusia sebagai tenaga kerja:
- Perencanaan strategik sumber daya manusia
- Penerimaan dan seleksi
- Pelatihan dan pengembangan
- Pengembangan karier
- Penimbangan karya
- Sistim imbalan dan upah gaji
- Kesehatan dan keselamatan kerja
- Hubungan industrial
2. Pekerjaan dan organisasi:
- Uraian pekerjaan
- Klasifikasi pekerjaandisain/rancangan kerja dan alat
- Rekayasa kerja
- Perencanaan organisasi
Pengertian evaluasi jabatan
Metoda analisis pekerjaan:
Metoda analisis pekerjaan:
- Metoda kuesioner mencakup kuesioner lewat pos, teknik check list, teknik buku harian tugas.
- Metoda wawancara dan observasi yang terdiri dari wawancara perorangan, teknik observasi, teknik wawancara kelompok, teknik konferensi teknical dan teknik partisipasi kerja.
Elemen uraian jabatan:
- Aktivitas pekerjaan
- Behan2 yang diolah
- Peralatan dan mesin yang digunakan
- Kondisi kerja
0 komentar:
Posting Komentar