Senin, 13 Juli 2015

Analisis jabatan

Analisis jabatan


Pengertian analisis jabatan:
Suatu proses kajian sistematis tentang kegiatan2 yang dilakukan dalam satu pekerjaan, mencakup tugas2, tanggung jawab dan tanggung gugat ( accountability), untuk dapat menentukan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan dan ciri2 kepribadian lain, yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

Tujuan analisis pekerjaan:
1. Manusia sebagai tenaga kerja:
  •  Perencanaan strategik sumber daya manusia
  • Penerimaan dan seleksi
  • Pelatihan dan pengembangan
  • Pengembangan karier
  • Penimbangan karya
  • Sistim imbalan dan upah gaji
  • Kesehatan dan keselamatan kerja
  • Hubungan industrial
2. Pekerjaan dan organisasi:
  • Uraian pekerjaan
  • Klasifikasi pekerjaandisain/rancangan kerja dan alat
  • Rekayasa kerja
  • Perencanaan organisasi
Pengertian evaluasi jabatan
Metoda analisis pekerjaan:
  1.  Metoda kuesioner mencakup kuesioner lewat pos, teknik check list, teknik buku harian tugas.
  2. Metoda wawancara dan observasi yang terdiri dari wawancara perorangan, teknik observasi, teknik wawancara kelompok, teknik konferensi teknical dan teknik partisipasi kerja.
Elemen uraian jabatan:
  • Aktivitas pekerjaan
  • Behan2 yang diolah
  • Peralatan dan mesin yang digunakan
  • Kondisi kerja

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar


iklan

 

Copyright © 2025 ILMU TEKNIK. All rights reserved. Published By Kaizen Template CB Blogger & Templateism