Senin, 01 Agustus 2016

5 Sistem Pelayanan Bahan Bakar Motor diesel

5 Sistem Pelayanan Bahan Bakar Motor diesel
  • Tangki Bahan Bakar.
  • Saringan bahan Bakar.
  • Pompa Penyemprot Bahan Bakar
  • Penyemprot Bahan Bakar
  • Governor
Sistem pelayanan bahan bakar motor diesel berfungsi untuk melayani kebutuhan bahan bakar untuk proses kerja motor diesel. Proses pembakaran motor diesel terjadi dalam ruang silinder motor dengan pengabutan bahan bakar solar yang disemprotkan kedalam udara bertemperatur ± 600oC

1. Tangki Bahan Bakar.

Tangki bahan bakar berfungsi untuk menyimpan bahan bakar sebelum disalurkan kedalam pompa injeksi

2. Saringan bahan Bakar.

Saringan berfungsi untuk menyaring bahan bakar solar dari kotoran dan tidak mengandung air. Penempatan saringan dalam sistem bahan bakar adalah sebagai berikut :
  • Saringan kassa dalam tangki bahan bakar
  • Saringan ini langsung dipasang pada pipa hisap dalam tangki.
  • Saringan kassa pada pompa pengalir
  • Saringan ini berfungsi untuk menyaring kotaran agar tidak mempengaruhi kinerja pompa pengalir.
  • Saringan halus
Saringan ini adalah proses terakhir penyaringan. Saringan ini dipasang setelah saringan kasar atau menyaring bahan bakar untuk kedua kalinya. Saringan halus biasanya dipasang dian tara pompa pengalir dengan pompa injeksi. Untuk pompa injeksi model distributor digunakan saringan yang mempunyai pori-pori sebesar 0,004 – 0,005 mm. untuk pompa jenis lain sebesar 0,008 – 0,010 mm. saringan halus terbuat dari kertas dan kain.

3. Pompa Penyemprot Bahan Bakar 

Pompa injeksi berfungsi sebagai pembagi bahan bakar dengan jumlah dengan jumlah yang tepat dan menekannya pada saat yang tepat di bawah tekanan nosel-nosel yang menyemprotkan bahan bakar kedalam silinder-silinder motor. gambar yang menunjukkan konstruksi pompa penyemprotan bahan bakar jenis Bosch yang banyak dipergunakan. Pada pompa tersebut terdapat plunyer, silinder dan katup pengeluaran yang merupakan katup searah.

Adapun skema sistem penyemprotan bahan bakar jenis bosch dapat digambarkan dimana bahan bakar dimulai dari tekanan rendah kemudian dipompakan sehingga menghasilkan bahan bakar tekanan tinggi untuk proses penyemprotan.

4. Penyemprot Bahan Bakar

Penyemprot bahan bakar adalah alat bantu untuk menjaga agar bahan bakar dapat bercampur dengan udara dengan baik. sebuah nozel penyemprot bahan bakar. Pada nozel tersebut terdapat sebuah katup jarum, dimana ujung bawahnya terdiri atas dua bidang kerucut. Kerucut yang pertama menetap pada dudukannya, sedangkan yang kedua menerima tekanan bahan bakar. Jika gaya yang ditimbulkan bahan bakar melebihi gaya pegas, maka katup akan terangkat ke atas sehingga membuka lubang nozel.

Ujung nozel dapat dibuat dalam beberapa bentuk, seperti terlihat . Nozel (a) dan (b) dinamai nozel berlubang atau nozel katup jarum, dimana setiap lubang berdiameter kira-kira 0,2 sampai 0,3 mm. nozel (a) disebut nozel berlubang tunggal, sedangkan nozel (b) disebut nozel berlubang banyak. Nozel (c) dinamai nozel pasak. Ujung katup pasak pada nozel tersebut berbentuk silinder dan menonjol keluar ujung nozel, sehingga dengan lubang nozel ia membuat rongga silinder. Dengan demikian, apabila katup membuka lubang nozel, bahan bakar akan mengalir melalui rongga tersebut dan membuat pancaran berbentuk kerucut berlubang.

Komponen-komponen dari penyemprot bahan bakar adalah sebagai berikut :
  • Badan 6. Paking
  • Batang 7. Sekerup
  • Pegas 8. Baut
  • Baut pengatur 9. Paking tekanan pegas 10. Sekerup
  • Sekerup 11. Nozel
Dalam penyemprotan bahan bakar ada dua tipe cara penginjeksian yaitu :
  1. Injeksi langsung yang bertekanan penyemprotan sekitar 150 - 250 bar.
  2. Injeksi tak langsung yang bertekanan penyemprotan sekitar 110 - 150 bar.
5. Governor
Governor adalah suatu alat kontrol otomatis bahan bakar yang harus diinjeksikan ke dalam silinder untuk menjaga putarannya. Misalnya batang pengaturnya ditempatkan pada posisi yang tetap kalau bebannya berkurang maka putarannya akan naik. Governor mengontrol pompa penyemprot bahan bakar untuk mengurangi jumlah bahan bakar yang disemprotkan.

Ada dua jenis governor yang sering digunakan. Yang pertama governor jenis bandul berputar dan yang kedua governor jenis pneumatik. Disamping itu governor tersebut governor kecepatan konstan yang dipakai pada mesin-mesin penggrak generator listrik.

itulah sedikit ulasan tentang 5 Sistem Pelayanan Bahan Bakar Motor diesel semoga bermanfaat buatmu sobat terimakasih...

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar


iklan

 

Copyright © ILMU TEKNIK. All rights reserved. Published By Kaizen Template CB Blogger & Templateism.com